Selasa, 29 September 2015

Jika Sendiri adalah Kekuatan, Maka Bersama adalah Kesempurnaan

وَكُلُّهُمْ آتِيهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَرْداً ﴿٩٥﴾


“Dan tiap-tiap mereka akan datang kepada Allah pada hari kiamat dengan sendiri-sendiri”. (QS. Maryam. 95)
Kuawali dengan mengutip salah satu ayat karya agung Allah SWT dalam al quran Q.S Maryam ayat 95 di atas. Bahwa kita sesungguhnya bertanggung jawab atas diri kita sendiri. Kita datang seorang diri sebagai seorang hamba yang dinanti Allah untuk menjawab apa-apa saja yang menjadi ritual selama kita hidup di dunia. Apakah itu semua akan mengantarkan kita pada beratnya timbangan kebaikan atau sebaliknya. 
 Jika Sendiri adalah Kekuatan, Maka Bersama adalah Kesempurnaan
Judul di atas berkaitan dengan bagaimana diri kita menyikapi kesendirian. Kalau pada hari kiamat nanti kita akan berjalan sendiri-sendiri menuju hari pembalasan. Lantas bagaimana membuat kesendirian kita di hari kiamat nanti dipenuhi dengan kekuatan dan kesungguhan menghadap Sang Ilahi?
Ya Allah, berharap ampunan dariMu karna jika kami ini termasuk orang-orang yang masih sering mengeluhkan kesendirian. Mau berbuat baik, takut karena sendiri. Ingin berpendapat tidak mampu karna kami tak punya banyak pendukung. Sungguh kami tidaklah memiliki kekuatan selain hanya kepadaMu tempat segala kekuatan.
Menjadikan kesendirian sebagai kekuatan adalah bukti iman kita kepada Allah. Allah senantiasa bersama kita. Melindungi setiap hamba yang menggerakkan kakinya menuju tempat yang dipenuhi keberkahan. Menggunakan mulutnya sebagai pengantar lisan yang baik sehingga mampu memberikan pengaruh kebaikan pula. Mengantarkan hati kepada kerinduan tanpa henti terhadap kasih sayang Allah. Bahkan Allah telah sampaikan kesendirianmu dalam al quran. Masihkah kita ini mengeluh?
Syukuri, bahwa sendiri sering menjadikan kita akan sangat dekat dan teramat dekat dengan Allah. Tetapi dengan kebersamaan, jalan dakwah akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Apa yang kita sampaikan menjadi lebih merata ke berbagai kalangan. Serta kesempurnaan akan hadir di setiap perjalanan dakwah kita.
Semangat teman, genggam erat persahabatan dan persaudaraan umat islam.
Islam ada di tangan barisan pemuda yang berjamaah untuk berdakwah :)

2 komentar: