Kamis, 20 Desember 2012

"Plato, seorang filsuf besar pernah bilang bahwa nantinya dalam kehidupannya, setiap manusia akan terjebak dalam sebuah gua gelap yang berisi keteraturan kemapanan dan mereka senang berada di dalamnya. karena mereka terbuai dengan segala kesenangan disana dengan apa yang telah mereka capai, hingga akhirnya mereka takut keluar dari gua tersebut. Mereka memang bahagia, tetapi diri mereka kosong dan mereka gak pernah menemukan siapa diri mereka sebenarnya... mereka gak punya mimpi"

finding 5cm, finding my self

lately, ada yang heboh sama dunia film. jujur gue gak begitu suka nonton film. biasanya kalo gak dibayarin ya nunut nonton film di leptop orang. dan kalo gak banyak yang bilang bagus gue juga gak bakalan nonton tuh film. gue milih mending baca novelnya(kalo ada) ketimbang nonton film. dan ketika gue baca,  ni hati  bilang bagus. pasti deh, gue langsung tancap gas ngajuin proposal ke orang yang bisa nemenin gue nonton. contohnya ayat ayat cinta , ketika cinta bertasbih, dan perahu kertas. itu semua novel yang udah kebaca sampe abis sama gue dan narik hati gue buat ditonton filmnya.

well, ada lagi film yang bakal bikin gue gak bisa tidur nih *lebay. kata orang sih filmnya bagus. gue gak pernah percaya sebelum gue baca duluan tuh novel. dan yak!!! pikirku mereka semua bener. itu novel bener bener keren. ngingetin gue dulu yang begitu antusias pengen buat buku yang hampir sejalan sama ceritanya 5cm. itu novel seakan nampar gue. mana gue yang seantusias dulu?? dulu udah mulai jalan nulis, tapi karena ada sesuatu hal yang bikin seluruh data tulisan gue ilang. hancur lebur deh. gue seakan gak punya niat lagi buat memulai kembali. udah lupakan .itu masa lalu yang kal diinget bikin males. jujur gue baca dan kepengen liat tuh film sebenernya cuma satu. ngembaliin semangat gue biar tulisan gue yang sempet ilang bisa balik lagi. gue hampir nemuin titik yang bikin gue semangat nulis lagi. apalagi ceritanya soal persahabatan, soal mimpi. itu impian gue banget. gue pengen ketika gue baca novel ini dan liat filmnya, gue gak cuman seneng seneng aja. atau bilang ke semua orang , yeee gue udah nonton 5 cm. gak!!! bukan itu. gue cuma pengen ngambil pesenya disitu. gue mau diri gue balik. gue bisa menghasilkan karya yang sekeren 5cm bahkan lebih baik. udah, cuma itu harapan gue.

All I Have to do is DREAM !!! ~ 5cm

Rabu, 19 Desember 2012

disitulah bahagia itu berbicara

aku mulai bosan membicarakan perasaanku kepada dinding dinding kelabu yang dianggapnya tabu.

kakiku mulai kering menapaki parahnya prasangka bumi kepada hujan

lelah tersisa ketika kucoba berlari merintis sedih. berharap ada bahagia yang sedang meringkuk malu di ujung tangis.

sayup tanganku tak mampu lagi menengadah, menampung mimpi mimpi yang terucap dari sebait doa.

telinga yang mulai penuh, tertutup kebencian dan kegelisahanku sendiri.

cukup, mereka semua tak bisa bicara, sekalipun hanya untuk mengais perhatian kepada sang hujan.

apalagi berteriak di tanah lapang yang tiada satupun orang mendengar.

ucapnya , kebahagiaan itu bukan disana tempatnya. 

tapi disini. di tempat yang tak pernah kutengok.

dekat sekali, teramat dekat dengan nafasku yang kadang tersengal.

disitulah kebahagiaanku berbicara. berbicara tentang dunia yang begitu lembut. 

mungkin karena tak ada seorangpun yang bisa menjamahnya.

Tuhan menyebutnya hati nurani. 

dan, kini aku sadar . aku tak perlu berlari mengais bahagia yang tak kuketahui jalannya.

karena aku takut tersesat dalam nurani yang celaka.





Senin, 17 Desember 2012

impressing love

we're backkkk !!!
wow ternyata susah banget nyari waktu buat kumpul kumpul sama kalian.wahai riva, dinda, ijaah.
kita gak bakal bisa ngumpul kayak gini kalo gak pas kemaren sabtu itu hari merucutnya si dinda ke dunia yang fana ini.
yes, actually gadis yang berbapak-kan Pak Nasution dan beribukan Mak Sum ini adaalaah sodara gue. untuk sekian kalinya gue musti terpaksa dan tersiksa ngakuin dia sodara gue. wkwk astaghfirullah cuma becanda loo ini *hug. but she is really my bests when i was on jhs and till now still be my bests.
gak ngerti bawaanya kalo ketemu mereka itu berasa ada tawuran antar pelajar. hebohnya masyaAllah...
sampe ibuknya atau bapaknya kemaren bilang ," tamunya bertiga tapi kog ramene... ckck"

seneng deh si dinda udah 18 thn , usia yang cukup buat punya pacar *eh. entahlah.. usiamu elo sendiri yg ngejalanin. keep on your life, moving on...
buat elo si dinda ariyati(bener gak tulisanya?? wkwk) atau nama beken-nya dinda nasution *merampas nama bapaknya* ini pesen gue( si tante muda dan bersahaja :P ) :
elo udah 18 thn tu, elo tau kan musti ngapain di usia loe.??
cari jodoh!! *eh wkwk
cari yg baik baik ya, elo anak pertama jadi panutan buat adek adekmu. cari jodoh yg mapan yg sholeh (ngomong apa sih gue) hahha
kuliah seng bener, ajo buang buang duit. tugasmu ki golek duit ngko.
apa lagi yaaa. ah elo udah pasti tau apa yg loe mesti lakuin. aku jg gaperlu sok ngajarin karena gue juga belum tentu bener kog. gue ngomong beginian karena elo temen gue, sodara gue dan gue lebih tua sekian bulan dari elo. sok tua dikit gapapa kan :p :p
semoga aku, kamu kita semua tetep bareng bareng sampai kapanpun.


oh iya nih gue mau uplod foto foto yg kmaren.sori temen temen, biasanya orang orang pada umumnya nguplod foto yg baik baik but kali ini gue mau uplod foto yang bikin ngakak abis kemaren.



maklum ni orang abis bangkit dari tidur, jadi face nya rada ugal ugalan.


tuh face yang terbentuk efek dari lumpur lapindo *meleleh*

ini baru keren :p *together*






ini inih, udah take photo berkali kali hasilnya beginian, wkwk *tukang foto diajak ngobrol sih*

mringisnya gak ketulungan si riva *digodain sama tukang foto*

plis ya si riva ribed bgd mau foto *padahal mukanya udah kelaparan*


weirdie story :D

pandanaran art festival


heloo bloggers, 15 Desember 2012 hari sabtu lalu, aku nyempetin datang ke acara seni yang katanya terbesar di kota Semarang nih . alhamdulillah punya kesempatan buat kesana, tadinya gak tau sih kalo ada acara begituan. karena kebetulan lewat, mampir deh. dan gak nyesel datang kesana. seru abis. dan menurutku, ini contoh festival yang bermutu . nampilin seni dari berbagai macem jenisnya deh, atraksi seni tari, musik, fotografi ,lukisan dan banyak deh. ini nih, sepenggal suasana malam minggu lalu di sepanjang jalan pemuda Semarang


-Pandanaran Art Festival-



-atraksi panggung seni-

hehe sekian aja ya, bye :)
tetap semangat menyongsong kehidupan seni :)

Sabtu, 08 Desember 2012

jika ini tulisan terakhirku

anggap saja ini tulisan terakhirku. entah benar atau tidak. hanya sepenggal takdir yang mampu menuliskannya. ketika mataku terbuka dan aku menyadari bahwa kegiatan bernafas masih menjadi aktivitas pertamaku untuk melanjutkan hidup meskipun hanya untuk sekian detik lagi.
oh aku masih hidup? itu rahmat, itu hadiah dari Tuhan.
tapi aku selalu berpikir, jika saja hari ini. ketika untaian kata tertulis dalam nada nada ketakutan. ini adalah rasa takutku yang terakhir. karena esok tak ada lagi rasa takut. semua tenggelam bersama rasa sakit .saat nyawa ini menembus batas dua dunia. hidup dan mati. hidupku tak lepas dari prasangka untuk menghadapi kematian. ya.. pikirku tiap harinya adalah kematian bagiku. setiap hari pikiranku dihantui oleh perasaan untuk mati. ya menunggu kematian !
jika saja ini memang tulisan terakhirku. aku bersyukur masih diberi kesempatan berbagi duniaku dalam rangkaian kata yang lahir dari perasaan takut . aku hanya ingin berbicara kepada semua orang. saat mereka sedang asyik menikmati dunia yang baik atau dunia yang kebetulan hanya berpura-pura baik.
setidaknya aku akan bahagia saat sebelum kematian itu tiba aku sempat mengatakan ini kepada dunia. dunia yang dihuni oleh jutaan manusia yang sejatinya memiliki tujuan yang sama. MATI! itulah puncak dimana tujuan mereka akan berlabuh.
anggap saja ini tulisan terakhirku sebelum nanti kalian tahu aku tidak lagi bisa memandang kalian dengan tatapan haru. tidak lagi bisa tertawa bersama menghabiskan asa. tidak lagi sanggup bangun mewujudkan mimpi yang belum sempat kita nikmati. mungkin esok adalah akhir. akhir perjuanganku memanfaatkan nafas yang Tuhan beri. anggap saja esok adalah kematianku. akhir dari kata yang selalu aku rangkai. dalam balutan malam yang beku dan sepi.karena esok, aku sudah bisu dan terdiam. hanya tulisan ini yang bicara. itulah mengapa aku sering menyebut bahwa diam adalah caraku berbicara. karena suatu saat nanti aku akan terdiam untuk selamanya. dan tulisanku akan berbicara. ya cuma itu impianku. masih tetap hidup saat dunia sudah mengakui kematianku. sudah tak menganggapku penghuni makhluk di dunia. hadirku sudah semu, tak lagi tampak nyata dan ada.
dan terakhir ..jika memang benar ini sungguh menjadi tulisan terakhirku. terima kasihku kepada kalian mengalir di setiap doa yang nanti akan mengantar kepergianku. doa kalian mengalir bersama rasa terima kasihku. aku tahu, kalian adalah manusia manusia yang patut mendapat ucapan terima kasihku. meski tak kalian dengar, kalian pasti tahu. saat aku dipanggil oleh Tuhan, jarak antara aku dan Dia semakin dekat. aku bisa minta tolong kepadaNya untuk menyampaikan terima kasihku kepada kalian. entah dengan cara apa Tuhan menyampaikannya.
terima kasih ibu, jujur aku kesulitan merangkai kata untukmu. karena pikirku kata kata seindah apapun tak mampu menandingi cinta dan pengorbananmu. terima kasih untuk nafas yang kau hadirkan untukku. nafas untuk selalu mendoakanku dalam setiap sujudmu.
terima kasih ayah, meski singkatnya waktumu menemani hidupku. aku tahu, ayah selalu dekat dengan Tuhan, lalu meminta Tuhan untuk selalu mengasihiku.
terima kasih semua saudaraku. yang menjadikan pertalian ini sebagai lambang kehidupan yang terkadang tampak begitu rumit. kita setiap hari telah belajar menyatukan pribadi yang berbeda menjadi sebuah kata yang berarti erat yaitu "keluarga". aku beryukur memiliki mereka.
terima kasih untuk sahabatku dan siapa saja yang menganggap aku adalah sahabat kalian. aku tahu kalian memiliki kehidupan sendiri. yang terkadang sulit untuk bisa berbagi bersamaku. aku menyadari. kini aku belajar menghargai arti kalian. yang bukan hanya sahabat yang dekat. tapi sahabat yang baik. tak ada yang abadi memang, tapi aku tak pernah berharap persahabatn kita berakhir hanya karena kematian. bagaimanapun kalian, aku berterima kasih memiliki kalian.

mungkin ini saja sudah cukup mewakili perpisahan terakhir jika seandainya besok aku tak bangun untuk membuka mata lagi. inilah akhir dari segala kehidupan.jika memang aku mati, tolong jangan pernah menganggapku mati. aku bisa sedih nanti.........

aku mencintai dunia yang sementara ini.


Senin, 03 Desember 2012

seniman


Mungkin kau merasa tidak bisa
menggambar dengan bagus, tidak pula memiliki
suara emas, gerakan payah tidak bisa menari,
dan sebagainya. Tidak bisa menciptakan satu
pun kaya seni dari tanganmu dan merasa satusatunya
seni dalam tubuhmu hanyalah air seni.
Maka ini semua bukan tentang itu. Seni
adalah tentang memaknai. Memaknai lukisan,
memaknai suatu karya, memaknai hidup. Hanya
satu hal yang perlukan untuk menciptakan seni
yaitu memberi makna.
Seluruh hidupmu, gerak-gerikmu,
tingkah lakumu, pemikiranmu, akan menjadi
sebuah seni ketika kamu mau memaknainya.
Maka teruslah memaknai hidupmu dan jadilah
seorang seniman.
(Mustaqim, 2010) dalam buku Memandang Dunia

tertawalah!

ada salah seorang berkata padaku : aku melihatmu, melihat matamu yang pedih akan beban hidupmu. bukan karena terlalu banyak bebannya. tapi karena kau belum menemukan seseorang yang berhasil menghapuskannya. aku tahu perasaanmu, kau bahkan sudah merasa bosan kepada palsunya dunia. jangan bunuh diri atau mengakhiri hidupmu dengan penyesalan. kau hanya perlu berpindah tempat dimana kau lebih mudah meraih tawamu. tempat dimana kau lupa bahwa kau pernah hidup dalam kejenuhan. aku sangat tahu. matamu berbicara apa yang tak sempat kudengar. bertemulah dengan orang-orang baru yang membuatmu gila . karena dengan itu kau akan lupa bahwa kau pernah merasa hidupmu itu membosankan. ingat, bukan usia yang memakan tawamu.  tersenyumlah....tidak ... tertawalah!